004. Surat An-Nisa Ayat 101 - Tafsir Ibnu Katsir - Muslim Notebook
Terjemah Tafsir Ibnu Katsir Al-Quran Surat 4. An-Nisa Ayat 101 - Muslim Notebook
وَإِذا
ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُناحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ
الصَّلاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا إِنَّ الْكافِرِينَ
كانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُبِيناً (101)
Dan apabila kalian bepergian di muka bumi,
maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian), jika kalian takut
diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang
nyata bagi kalian.
Allah Swt. berfirman:
وَإِذا
ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ
Apabila kalian bepergian di muka bumi. (An-Nisa: 101)
Yaitu melakukan perjalanan ke berbagai negeri; semakna dengan pengertian yang
terkandung di dalam ayat lain, yaitu firman-Nya:
عَلِمَ
أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضى وَآخَرُونَ يَضْرِبُونَ فِي الْأَرْضِ يَبْتَغُونَ
مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kalian orang-orang yang sakit dan
orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah.
(Al-Muzzammil: 20), hingga akhir ayat.
Adapun firman Allah Swt.:
{فَلَيْسَ
عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاةِ}
maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian). (An-Nisa:
101)
Yakni meringankan; adakalanya dari segi rakaatnya, misalnya salat yang empat
rakaat dijadikan dua rakaat, seperti yang disimpulkan oleh jumhur ulama dari
ayat ini. Mereka menjadikannya sebagai dalil salat qasar dalam perjalanan,
sekalipun mereka masih berselisih pendapat mengenainya. Karena di antara mereka
ada yang mengatakan bahwa perjalanan yang dilakukan harus mengandung ketaatan,
seperti berjihad, atau haji atau umrah, atau mencari ilmu atau ziarah, atau
lain-lainnya yang semisal. Seperti yang diriwayatkan oleh Ata dan Yahya, dari
Malik, dari Ibnu Umar, karena berdasarkan kepada makna lahiriah firman-Nya yang
mengatakan:
{إِنْ
خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا}
jika kalian takut diserang orang-orang kafir. (An-Nisa: 101)
Di antara mereka ada yang berpendapat bahwa tidak disyaratkan bagi bepergian
harus dalam rangka taqarrub, melainkan boleh pula dalam rangka bepergian yang
mubah (tidak diharamkan), karena berdasarkan kepada firman-Nya yang
mengatakan:
فَمَنِ
اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجانِفٍ لِإِثْمٍ
Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat
dosa. (Al-Maidah: 3), hingga akhir ayat.
Seperti halnya diperbolehkan baginya memakan bangkai bila dalam keadaan
darurat, tetapi dengan syarat hendaknya dia tidak bertujuan maksiat dengan
perjalanannya itu. Demikianlah menurut pendapat Imam Syafii dan Imam Ahmad serta
selain keduanya dari kalangan para imam.
Abu Bakar ibnu Abu Syaibah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Waki',
dari Al-A'masy, dari Ibrahim yang menceritakan bahwa seorang lelaki datang
kepada Rasulullah Saw., lalu bertanya, "Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku
adalah seorang pedagang, aku biasa pulang pergi ke Bahrain." Lalu Nabi Saw.
memerintahkan kepadanya salat dua rakaat (yakni salat qasar). Hadis ini
berpredikat mursal.
Di antara mereka ada yang mengatakan bahwa perjalanan ini bersifat mutlak.
Dengan kata lain, baik yang mubah ataupun yang terlarang, sekalipun dia
bepergian untuk tujuan membegal jalan dan menakut-nakuti orang yang lewat
(meneror). Hukum qasar diperbolehkan baginya karena safar (perjalanan) diartikan
mutlak. Hal ini merupakan pendapat Imam Abu Hanifah, As-Sauri, dan Daud, karena
berdasarkan kepada keumuman makna ayat. Tetapi jumhur ulama berpendapat berbeda
dengan mereka.
*******************
Adapun firman-Nya:
إِنْ
خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا
jika kalian takut diserang orang-orang kafir. (An-Nisa: 101)
Barangkali hal ini diinterpretasikan menurut kebanyakan yang terjadi di
lingkungan saat ayat ini diturunkan. Karena sesungguhnya pada permulaan Islam
sesudah hijrah, kebanyakan perjalanan yang mereka lakukan dipenuhi oleh bahaya
yang menakutkan. Bahkan mereka tidak beranjak meninggalkan tempat tinggalnya
melainkan untuk menuju ke peperangan tahunan, atau sariyyah (pasukan) khusus,
sedangkan keadaan lainnya merupakan perang terhadap Islam dan para pengikutnya.
Pengertian mantuq apabila diungkapkan dalam bentuk prioritas, atau
berdasarkan suatu kejadian, maka ia tidak mempunyai subyek pengertian. Sama
halnya dengan pengertian yang terdapat di dalam ayat lain, yaitu firman-Nya:
وَلا
تُكْرِهُوا فَتَياتِكُمْ عَلَى الْبِغاءِ إِنْ أَرَدْنَ
تَحَصُّناً
Dan janganlah kalian paksa budak-budak wanita kalian untuk melakukan
pelacuran, sedangkan mereka sendiri mengingini kesucian. (An-Nur: 33)
Juga seperti pengertian yang terdapat di dalam firman-Nya:
وَرَبائِبُكُمُ
اللَّاتِي فِي حُجُورِكُمْ مِنْ نِسائِكُمُ
dan anak-anak istri kalian yang ada dalam pemeliharaan kalian dari istri
kalian. (An-Nisa: 23), hingga akhir ayat.
قَالَ
الْإِمَامُ أَحْمَدُ: حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ، حَدَّثَنَا ابْنُ جُرَيْج، عَنِ
ابْنِ أَبِي عَمَّارٍ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بابَيْه، عَنْ يَعْلَى بْنِ
أُمَيَّةَ قَالَ: سَأَلْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ قُلْتُ: {لَيْسَ عَلَيْكُمْ
جُنَاحٌ أَنْ تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَنْ يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ
كَفَرُوا} وَقَدْ أمَّن اللَّهُ النَّاسَ؟ فَقَالَ لِي عُمَرُ: عجبتُ مِمَّا عجبتَ
مِنْهُ، فسألتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ،
فَقَالَ: "صَدَقَةٌ تَصْدَّقَ اللَّهُ بِهَا عَلَيْكُمْ، فَاقْبَلُوا
صَدَقَتَهُ".
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Ibnu Idris, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Juraij, dari Abu Ammar, dari Abdullah ibnu
Rabiyah, dari Ya'la ibnu Umayyah yang menceritakan bahwa ia pernah bertanya
kepada Umar ibnul Khattab mengenai makna firman-Nya: tidaklah mengapa kalian
meng-qasar salat (kalian), jika kalian takut diserang orang-orang kafir.
(An-Nisa: 101) Sedangkan orang-orang di masa sekarang dalam keadaan aman (ke
mana pun mereka mengadakan perjalanan)? Maka Umar r.a. berkata kepadaku bahwa ia
pun pernah merasa heran seperti apa yang aku rasakan, lalu ia bertanya kepada
Rasulullah Saw. mengenai hal tersebut. Maka beliau Saw. menjawab: Sedekah
yang diberikan oleh Allah kepada kalian. Karena itu, terimalah
sedekah-Nya.
Hal yang sama diriwayatkan oleh Imam Muslim dan para pemilik kitab sunan
melalui hadis Ibnu Juraij, dari Abdur Rahman ibnu Abdullah ibnu Abu Ammar dengan
lafaz yang sama. Imam Turmuzi mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih.
Ali ibnul Madini mengatakan bahwa hadis ini hasan sahih melalui Umar, dan
tiada yang hafal kecuali dari jalur ini; semua perawinya dikenal.
Abu Bakar ibnu Abu Syaibah mengatakan telah menceritakan kepada kami Abu
Na'im, telah menceritakan kepada kami Malik ibnu Magul, dari Abu Hanzalah
Al-Hazza yang menceritakan bahwa ia pernah bertanya kepada Ibnu Umar tentang
salat safar (salat dalam perjalanan). Maka ia menjawab bahwa salat perjalanan
itu adalah dua rakaat (yakni qasar). Lalu aku bertanya, "Kalau demikian,
bagaimanakah dengan firman Allah Swt. yang mengatakan: 'jika kalian takut
diserang orang-orang kafir (An-Nisa: 101). Sedangkan kita sekarang dalam
keadaan aman?" Maka Ibnu Umar menjawab, "Itulah sunnah, Rasulullah Saw."
Ibnu Murdawaih mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abdullah ibnu
Muhammad ibnu Isa, telah menceritakan kepada kami Ali ibnu Muhammad ibnu Sa'id,
telah menceritakan kepada kami Minjab, telah menceritakan kepada kami Syarik,
dari Qais ibnu Wahb, dari Abul Wadak yang mengatakan bahwa ia pernah bertanya
kepada Ibnu Umar mengenai dua rakaat dalam perjalanan. Maka ia menjawab bahwa
hal itu adalah rukhsah (keringanan) yang diturunkan dari langit; jika tidak
menginginkannya, kalian boleh mengembalikan ke asalnya (yaitu empat rakaat).
Abu Bakar ibnu Abu Syaibah mengatakan, telah menceritakan kepada kami Yazid
ibnu Harun, telah menceritakan kepada kami Ibnu Aun, dari Ibnu Sirin, dari Ibnu
Abbas yang menceritakan, "Kami salat bersama Rasulullah Saw. di antara Mekah dan
Madinah sebanyak dua rakaat-dua rakaat, padahal kami dalam keadaan aman dan
tidak takut dengan apa pun di antara Mekah dan Madinah itu."
Hal yang sama diriwayatkan oleh Imam Nasai melalui Muhammad ibnu Abdul A'la,
dari Khalid Al-Hazza, dari Abdullah ibnu Aun dengan lafaz yang sama.
Abu Umar ibnu Abdul Bar mengatakan, demikian pula telah diriwayatkan oleh
Ayyub, Hisyam, dan Yazid ibnu Ibrahim At-Tusturi, dari Muhammad ibnu Sirin, dari
Ibnu Abbas r.a., dari Nabi Saw. dengan lafaz yang semisal.
Menurut kami, hal yang sama diriwayatkan oleli Imam Turmuzi dan Imam Nasai;
semuanya dari Qutaibah, dari Hasyim, dari Mansur, dari Zazan, dari Muhammad ibnu
Sirin, dari Ibnu Abbas yang menceritakan bahwa Nabi Saw. berangkat dari Madinah
menuju Mekah tanpa ada rasa takut kecuali kepada Tuhan semesta alam, tetapi
beliau Saw. salat dua rakaat (yakni qasar). Kemudian Imam Turmuzi mengatakan
bahwa hadis ini sahih.
وَقَالَ
الْبُخَارِيُّ: حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَر، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ،
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَبِي إِسْحَاقَ قَالَ: سَمِعْتُ أَنَسًا يَقُولُ:
خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ من المدينة
إِلَى مَكَّةَ، فَكَانَ يُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ رَكْعَتَيْنِ، حَتَّى رَجَعْنَا
إِلَى الْمَدِينَةِ. قُلْتُ: أَقَمْتُمْ بِمَكَّةَ شَيْئًا؟ قَالَ: أَقَمْنَا بِهَا
عَشْرًا.
Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Abu Ma'mar, telah
menceritakan kepada kami Abdul Waris, telah menceritakan kepada kami Yahya ibnu
Abu Ishaq yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Anas menceritakan hadis
berikut: Kami keluar bersama-sama Rasulullah Saw. dari Madinah ke Mekah, beliau
Saw. salat dua rakaat-dua rakaat hingga kami kembali ke Madinah. Aku (Yahya ibnu
Abu Ishaq) bertanya, "Apakah kalian tinggal di Mekah selama beberapa waktu?"
Anas menjawab, "Kami bermukim selama sepuluh hari di Mekah."
Hal yang sama diketengahkan oleh jamaah lainnya melalui berbagai jalur dari
Yahya ibnu Abu Ishaq Al-Hadrami dengan lafaz yang sama.
Imam Ahmad mengatakan, telah menceritakan kepada kami Wa-ki telah
menceritakan kepada kami Sufyan, dari Abu Ishaq, dari Harisah ibnu Wahb
Al-Khuza'i yang menceritakan bahwa ia pernah salat dengan Nabi Saw. (yaitu salat
Lohor dan Asar) di Mina dan banyak orang yang bermakmum kepadanya, dalam keadaan
yang aman, masing-masing dua rakaat.
Hadis ini diriwayatkan oleh jamaah selain Ibnu Majah melalui berbagai jalur
dari Ibnu Abu Ishaq, dari Anas dengan lafaz yang sama.
Menurut lafaz yang ada pada Imam Bukhari, telah menceritakan kepada kami Abul
Walid, telah menceritakan kepada kami Syu'bah, telah menceritakan kepada kami
Abu Ishaq, bahwa ia pernah mendengar Harisah ibnu Wahb menceritakan hadis
berikut: Kami salat bersama-sama Rasulullah Saw. dalam situasi yang aman sekali
di Mina sebanyak dua rakaat.
Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah
menceritakan kepada kami Yahya, telah menceritakan kepada kami Ubaidillah, telah
menceritakan kepadaku Nafi’, dari Abdullah ibnu Umar yang menceritakan bahwa ia
salat dua rakaat bersama Rasulullah Saw. (yakni di Mina), begitu pula pada masa
Khalifah Abu Bakar, Khalifah Umar, dan permulaan masa Khalifah Usman; kemudian
Usman menggenapkannya empat rakaat.
Hal yang sama diriwayatkan oleh Imam Muslim melalui hadis Yahya ibnu Sa'id
Al-Qattan dengan lafaz yang sama.
Imam Bukhari mengatakan, telah menceritakan kepada kami Qutaibah, telah
menceritakan kepada kami Abdul Wahid, dari Al-A'masy, telah menceritakan kepada
kami Ibrahim, bahwa ia pernah mendengar Abdur Rahman ibnu Yazid menceritakan
asar berikut, Khalifah Usman ibnu Affan r.a. salat bersama kami di Mina empat
rakaat. Lalu diceritakan kepada Abdullah ibnu Mas'ud r.a. hal tersebut, maka
Abdullah mengucapkan istirja' (yakni inna lillahi wa inna ilaihi raji'un).
Kemudian Abdullah mengatakan, 'Aku salat bersama Rasulullah Saw. di Mina dua
rakaat, dan aku salat bersama Abu Bakar di Mina dua rakaat, dan aku salat
bersama Umar ibnul Khattab di Mina dua rakaat pula. Aduhai, keberuntunganku dari
dua rakaat yang pasti diterima ketimbang empat rakaat'."
Imam Bukhari meriwayatkannya melalui hadis As-Sauri, dari Al-A'masy dengan
lafaz yang sama. Imam Muslim mengetengahkannya melalui berbagai jalur dari
As-Sauri, antara lain dari Qutaibah, sama seperti yang disebut di atas.
Hadis-hadis ini secara jelas menunjukkan bahwa qasar itu tidak disyaratkan
adanya situasi yang menakutkan. Karena itu ada sebagian ulama yang mengatakan
bahwa yang dimaksud dengan qasar dalam bab ini ialah qasar dari segi
kaifiyah, bukan kammiyyah. Demikianlah menurut apa yang dikatakan
oleh Mujahid, Ad-Dahhak, dan As-Saddi, seperti yang akan diterangkan
kemudian.
Mereka memperkuat alasannya dengan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Malik,
dari Saleh ibnu Kaisan, dari Urwah ibnuz Zubair, dari Siti Aisyah r.a. yang
menceritakan bahwa salat itu pada asal mulanya difardukan dua rakaat-dua rakaat,
baik dalam bepergian maupun di tempat tinggal. Kemudian salat dalam bepergian
ditetapkan, sedangkan salat di tempat tinggal ditambahkan (menjadi empat
rakaat).
Hadis ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Abdullah ibnu Yusuf At-Tanisi,
dan Muslim dari Yahya ibnu Yahya, sedangkan Abu Daud dari Al-Qa'nabi, dan Imam
Nasai dari Qutaibah; keempat-empatnya dari Malik dengan lafaz yang sama.
Timbul suatu pertanyaan dari mereka, apabila asal salat dalam perjalanan
adalah dua rakaat, bagaimanakah yang dimaksud dengan qasar kammiyyah
dalam bab ini? Mengingat sesuatu yang merupakan asal tidak dapat disebut
demikian (yakni istilah qasar, karena sejak semula sudah dua rakaat), seperti
yang disebutkan di dalam firman-Nya: maka tidaklah mengapa kalian mengqasar
salat (kalian). (An-Nisa: 101) '
Hal yang lebih jelas lagi penunjukannya dari ayat ini ialah sebuah hadis yang
diriwayatkan oleh Imam Ahmad.
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Waki' dan Sufyan serta Abdur
Rahman, dari Zubaid Al-Yami, dari Abdur Rahman ibnu Abu Laila, dari Umar r.a.
yang mengatakan bahwa salat dalam perjalanan itu dua rakaat, salat Hari Raya
Kurban dua rakaat, salat Hari Raya Fitri dua rakaat, dan salat Jumat dua rakaat,
sebagai salat yang lengkap, bukan qasar (ditetapkan) melalui lisan Nabi Muhammad
Saw.
Hal yang sama diriwayatkan oleh Imam Nasai, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban di
dalam kitab sahihnya melalui berbagai jalur dari Zubaid Al-Yami dengan lafaz
yang sama. Sanad hadis ini harus dengan syarat Imam Muslim.
Imam Muslim menetapkan di dalam mukadimah kitab sahihnya bahwa Ibnu Abu Laila
benar pernah mendengar hadis dari Umar. Sesungguhnya hal itu disebutkan dengan
jelas dalam hadis ini, juga dalam hadis lainnya.
Hal ini, insya Allah benar, sekalipun Yahya ibnu Mu'in dan Abu Hatim serta
Imam Nasai mengatakan bahwa Ibnu Abu Laila belum pernah mendengar dari Umar.
Menanggapi pendapat ini Imam Muslim mengatakan pula, "Sesungguhnya telah
terjadi dalam sebagian jalur Abu Ya'la Al-Mausuli melalui jalur As-Sauri, dari
Zubaid, dari Abdur Rahman ibnu Abu Laila, dari seorang yang siqah, dari Umar,
lalu Imam Muslim mengetengahkannya. Imam Ibnu Majah disebutkan melalui jalur
Yazid ibnu Abu Ziyad ibnu Abul Ja'd, dari Zubaid, dari Abdur Rahman, dari Ka'b
ibnu Ujrah, dari Umar.
Imam Muslim di dalam kitab sahihnya, Imam Abu Daud, Imam Nasai, dan Imam Ibnu
Majah meriwayatkan melalui hadis Abu Uwwanah Al-Waddah ibnu Abdullah
Al-Yasykuri; Imam Muslim dan Imam Nasai menambahkan dan melalui Ayyub ibnu Aiz,
keduanya dari Bukair ibnul Akhnas, dari Mujahid, dari Abdullah ibnu Abbas yang
mengatakan bahwa Allah mewajibkan salat melalui lisan Nabi kalian (Nabi Muhammad
Saw.) empat rakaat di tempat dan dua rakaat dalam perjalanan, sedangkan dalam
keadaan khauf (takut) adalah satu rakaat. Sebagaimana beliau melakukan salat
qabliyah dan ba'diyah di tempat, demikian pula beliau Saw. melakukannya dalam
salat perjalanan.
Ibnu Majah meriwayatkannya melalui hadis Usamah ibnu Zaid, yang ia riwayatkan
dari Tawus sendiri. Hal ini membuktikan bahwa hadis ini benar-benar bersumber
dari Ibnu Abbas r.a.
Akan tetapi, hal ini tidaklah bertentangan dengan apa yang telah dikisahkan
oleh Siti Aisyah r.a. yang mengatakan bahwa asal salat itu adalah dua rakaat,
tetapi pada salat di tempat ditambahkan (dua rakaat lagi). Setelah keadaannya
mapan, maka benarlah bila dikatakan bahwa salat di tempat difardukan seperti apa
yang diceritakan oleh Ibnu Abbas (yakni empat rakaat).
Akan tetapi, hadis Ibnu Abbas dan hadis Siti Aisyah sepakat mengatakan bahwa
salat safar itu adalah dua rakaat; dan bahwa dua rakaat tersebut merupakan salat
yang lengkap, bukan qasar, seperti juga yang diterangkan di dalam hadis Umar
r.a.
Bilamana demikian, berarti firman Allah Swt. yang mengatakan: maka
tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian). (An-Nisa: 101) Makna yang
dimaksud ialah qasar kaifiyyah, seperti halnya dalam salat Khauf. Karena
itulah maka dalam firman selanjutnya disebutkan: jika kalian takut diserang
orang-orang kafir. (An-Nisa: 101), hingga akhir ayat.
Dalam ayat berikutnya disebutkan pula: Dan apabila kamu berada di
tengah-tengah mereka (sahabatmu), lalu kamu hendak mendirikan salat bersama-sama
mereka. (An-Nisa: 102), hingga akhir ayat.
Maka dalam ayat selanjutnya disebutkan tujuan utama dari qasar disertai
dengan penyebutan gambaran dan tata caranya. Karena itulah ketika Imam Bukhari
hendak mencatat Bab "Salat Khauf dalam kitab sahihnya, terlebih dahulu ia
memulainya dengan menyebutkan firman-Nya: Dan apabila kalian bepergian di
muka bumi, maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian). (An-Nisa:
101) sampai dengan firman-Nya: Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang
menghinakan bagi orang-orang yang kafir itu. (An-Nisa: 102)
Hal yang sama diriwayatkan oleh Juwaibir dari Ad-Dahhak sehubungan dengan
firman-Nya: maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian).
(An-Nisa: 101) Bahwa hal tersebut di saat peperangan, seorang lelaki yang
berkendaraan salat dengan dua takbir menghadap ke arah mana pun kendaraannya
mengarah.
Asbat meriwayatkan dari As-Saddi sehubungan dengan firman-Nya: Dan apabila
kalian bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat
(kalian), jika kalian takut. (An-Nisa: 101), hingga akhir ayat. Sesungguhnya
jika kamu salat dua rakaat dalam perjalanan, maka itulah batas qasar yang
diperbolehkan baginya. Tidak diperbolehkan selain itu kecuali bila ia takut
diserang oleh orang-orang kafir di saat ia melakukan salat, maka qasar-nya boleh
hanya dengan satu rakaat.
Ibnu Abu Nujaih meriwayatkan dari Mujahid sehubungan dengan firman-Nya:
maka tidaklah mengapa kalian meng-qasar salat (kalian). (An-Nisa: 101) Hal
tersebut terjadi ketika Nabi Saw. dan para sahabatnya berada di Asfan, sedangkan
pasukan kaum musyrik berada di Dajnan, maka mereka menjadi berhadap-hadapan.
Nabi Saw. salat Lohor bersama semua sahabatnya empat rakaat lengkap dengan rukuk
dan sujudnya, dan mereka berdiri bersama-sama pula. Maka pasukan kaum musyrik
hampir saja hendak menyerang dan menjarah barang-barang serta perabotan yang
dibawa pasukan kaum muslim. Demikianlah menurut apa yang diriwayatkan oleh Ibnu
Abu Hatim.
Ibnu Jarir meriwayatkannya dari Mujahid, As-Saddi, dari Jabir dan Ibnu Umar.
Ibnu Jarir memilih pendapat ini pula, karena ternyata ia mengemukakan
pendapatnya sehubungan dengan hal tersebut sesudah meriwayatkan hadis ini, dan
inilah yang benar.
Ibnu Jarir mengatakan, telah menceritakan kepadaku Muhammad ibnu Abdullah
ibnu Abdul Hakam, telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Fudaik, telah
menceritakan kepada kami Ibnu Abu Zi-b, dari Ibnu Syihab, dari Umayyah ibnu
Abdullah ibnu Khalid ibnu Usaid, bahwa ia pernah bertanya kepada Ibnu Umar,
"Kami menjumpai di dalam Kitabullah masalah qasar salat khauf, tetapi kami tidak
menjumpai qasar salat safar." Maka Abdullah ibnu Umar menjawab, "Sesungguhnya
kami menjumpai Nabi kami mengamalkan perbuatan yang kita kerjakan sekarang.
Salat Khauf itu dinamakan salat qasar, serta menginterpretasikan ayat dengan
pengertian tersebut, bukan dengan pengertian qasar salat untuk musafir."
Ibnu Umar menetapkan hal tersebut. Ia menyimpulkan dalil sehubungan dengan
salat qasar musafir hanya dari perbuatan pentasyri’, bukan dengan nas
Al-Qur'an.
Hal yang lebih jelas dari itu ialah apa yang diriwayatkan oleh Ibnu Jarir.
Disebutkan bahwa telah menceritakan kepada kami Ahmad ibnul Walid Al-Qurasyi,
telah menceritakan kepada kami Muhammad ibnu Ja'far, telah menceritakan kepada
kami Syu'bah ibnu Sammak Al-Hanafi yang menceritakan bahwa ia pernah bertanya
kepada Ibnu Umar tentang salat safar. Maka Ibnu Umar menjawab, "Salat safar
adalah dua rakaat sebagai salat yang lengkap, bukan qasar. Sesungguhnya salat
qasar hanyalah pada keadaan Khauf saja." Lalu aku (Al-Hanafi) bertanya,
"Bagaimanakah caranya salat khauf itu?" Ibnu Umar menjawab, "Hendaknya imam
salat dengan segolongan orang sebanyak satu rakaat, kemudian mereka yang sudah
salat datang ke posisi mereka yang belum salat untuk menggantikannya, lalu
mereka yang belum salat datang menggantikan kedudukan mereka yang sudah salat,
lalu imam salat bersama golongan yang kedua satu rakaat lagi. Dengan demikian,
imam melakukan salat dua rakaat, sedangkan masing-masing dari dua golongan
tersebut satu rakaat-satu rakaat."
No comments